WHO Umumkan Asal Mula Munculnya Corona pada 15 Maret

Jakarta, CNBC Indonesia – Organisasi Kesehatan Negeri (World Health Organization/WHO) berencana untuk mengungkapkan penyebab munculnya Covid-19. Di mana WHO telah melakukan penyelidikan dan akan diumumkan pada rata-rata bulan ini.

Kepala Misi Tim WHO Peter Ben Embarek mengatakan, hasil penyelidikan WHO tersebut berisi tentang asal pokok virus Corona muncul dalam Wuhan, China pada Desember 2019 lalu.

“Waktu (pengumuman hasil) mungkin adalah 14-15 Maret, ” ujarnya dikutip dari Reuters, Sabtu (6/3/2021).

Adapun Ben sempat mengatakan bahwa virus Corona peluang berasal dari hewan kelelawar. Namun, belum diketahui dengan jalan apa caranya hingga bisa sampai ke manusia.

Oleh karenanya, hasil pengkajian ini nantinya akan membaca secara rinci bagaimana virus itu terjadi, dari mana berasal hingga bisa datang ke tubuh manusia.

“Apa yang telah dilakukan tim mereka benar-benar bekerja keras untuk mencoba mendapatkan laporan lengkap sehingga kami dapat melakukan pembahasan yang tepat, ” kata pakar kedaruratan WHO Mike Ryan.

Disis lain, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memastikan bahwa hasil laporan nanti akan diungkapkan secara terang.

Penyelidikan dengan dilakukan pun cukup periode. Sebab, Tim WHO sudah tiba di Wuhan semenjak 14 Januari lalu secara tetap diawasi ketat sebab pihak berwenang China.



[Gambas:Video CNBC]
(dru)