Harga Emas Antam Sepekan Naik Rp 11. 000/Gram, Kamu Cuan Gak?

Jakarta, CNBC Indonesia   –  Harga emas Antam sepekan ini menanjak seiring dengan harga emas pada pasar spot yang disponsori oleh tumbangnya bursa saham acuan Wall Street dan kegagalan uji coba vaksin AstraZeneca.

Bahkan kenaikan h arga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (A NTM ) selama sepekan i ni lebih tinggi dari apresiasi kehormatan emas di pasar spot. Makna emas Antam berhasil naik   sebesar Rp 11 . 000 atau 1 , 07 % menjadi Rp 1. 031 . 00 0/gram pada Sabtu ( 12 / 9 /2020) .

Sedangkan h arga emas dunia di pasar spot di perdagangan minggu ini ‘hanya’ lulus terapresiasi sebesar 0, 65% ke level 1. 941, 50/troy ons mengacu pada data Refinitiv.



Seperti diketahui, e mas merupakan aset aman ( safe haven ) sementara saham adalah aset berisiko, sehingga pergerakan keduanya berlawan arah dalam jangka kompak karena apabila kondisi ekonomi tidak pasti karakter enggan berinvestasi di saham & meng’oper’ dana mereka ke emas.

Bursa saham Amerika Konsorsium (AS) yang “berdarah-darah” minggu ini membuat emas menanjak . Kelakuan ambil mujur yang terjadi di sektor teknologi memicu kejatuhan bursa dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia tersebut. Indeks Nasdaq   sepekan terakhir ambrol 4, 06 %, S& P500 jatuh 2, 51 % dan Dow Jones turun 1 , 66 %.

Selanjutnya k abar mengejutkan dengan datang dibanding pengembang vaksin Covid-19 AstraZeneca dengan kudu menghentikan uji klinis tahap simpulan sampai waktu yang belum ditentukan juga melaksanakan harga emas pesta pora .

Penghentian uji klinis kandidat vaksin virus corona yang diberi tanda AZD1112 ini menyusul laporan buah negatif parah dari uji klinis vaksin terhadap seorang peserta di Inggris.

Sebagai informasi kandidat vaksin AstraZeneca ini masuk uji klinis periode III (akhir) mulai bulan lalu setelah hasil uji klinis tahap I dan II menunjukkan tanda-tanda menggembirakan.

Seperti diketahui, jika vaksin tak kunjung ditemukan maka virus corona akan semakin berlarut-larut dan perekonomian tak jelas kapan akan sembuh sehingga mengerek harga emas.

Selain itu tensi antara dua negara dengan perekonomian paling besar di dunia kembali panas. M eski ada perjanjian fase I damai dagang yang ditandatangani Januari, serangan baru terhadap komoditas China kini dilancarkan lagi oleh GANDAR. Kali ini Bea Cukai & Perlindungan Perbatasan (CBP) AS hendak memblokir impor kapas dan buatan tomat dari wilayah Xinjiang pada China barat.

Sementara pada perdagangan keadaan ini, Sabtu (12 / 9 /2020)  harga emas Antam  naik Rp 3. 000/gram ke posisi   Rp 1. 031 . 000 /gram  dari gaya harga hari   Jumat .

Sementara untuk harga tiap rencana emas Antam ukuran 100 rencana hari ini yang lumrah dijadikan acuan transaksi secara umum berharta di status Rp 97 , 31 juta .

Nasib semacam juga dialami oleh h arga emas batangan yang dijual di Pegadaian hari tersebut, S abtu ( 12 / 9 /2020) yang terangkat sejak awal pekan. Hal ini seiring dengan harga emas dunia dan aurum batangan produksi PT Aneka Profesional Tbk atau yang biasa dikenal emas Antam hari ini naik .

Pegadaian juga menjual 3 jenis emas Antam tetapi memang harganya berbeda-beda dengan emas Antam yang dijual di situs  logammulia. com.

Bersandarkan situs resmi Pegadaian, harga Emas Antam dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp 1. 070. 000/batang menguat tipis 0, 56% sejak harga hari awal pekan yaitu Rp satu. 064 . 000/batang.

Kenaikan emas Antam di Pegadaian serupa terjadi di satuan berat yang lain.

Makna emas Antam retro juga menemui penurunan dari awal pekan , apalagi lebih tajam dari emas Antam biasa. Emas Antam retro 1 gram hari ini dibanderol Rp 996. 000/batang menanjak dari harga awal pekan yakni Rp 984 . 000/batang atau apresiasi sebesar 1, 2% .

Emas Antam retro ialah emas kemasan lama, dimana buah emas dan sertifikatnya terpisah. Emas retro ini terakhir kali dibuat pada tahun 2018.

Sementara tersebut emas Antam batik, yang paling mahal diantara emas Antam yang lain, hari ini dibanderol Rp 1. 201. 000/batang naik 1% sebab Senin lalu di harga Rp 1. 189 . 000/batang untuk ukuran 1 gram.

Kemudian aurum UBS 1 gram hari ini dihargai Rp 1. 038. 000/batang juga amblas 0, 87% dari posisi pangkal pekan di harga Rp 1. 0 2 9. 000/batang .

Harga emas dalam pegadaian tidak selalu mengikuti naik turun harga emas dunia & emas Antam di situs resminya. Ada faktor lain yang juga mempengaruhi harga emas di Pegadaian, seperti supply-demand misalnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]
(trp/trp)