Wah! Roket Kembali Serang Kawasan Dubes AS di Irak

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah roket Katyusha datang di Zona Hijau yang dipelihara ketat di Baghdad (Irak) di mana didalamnya terdapat kedutaan besar Amerika Serikat (AS).

Roket tersebut menghantam gedung kosong dan tidak korban jiwa. Sirene meledak dari kedutaan AS di dalam zona itu, yang menampung gedung-gedung pemerintah dan misi asing, mengambil keterangan kepolisian setempat.

Ini merupakan serangan kedua pekan ini setelah tiga roket mendarat di Zona Hijau pada Kamis (27/8/2020). Serangan itu juga tidak menimbulkan korban, sesuai dikutip dari Reuters, Minggu (30/8/2020).


Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pukulan ini, namun bisanya AS mengelirukan serangan semacam itu pada grup milisi yang didukung Iran.

Iran belum secara langsung mengomentari insiden tersebut tetapi kelompok-kelompok yang kurang dikenal yang diyakini terkait dengan milisi yang bersekutu dengan Iran telah mengklaim kurang serangan.

Irak, yang sering menjadi tempat pertarungan sejak ketegangan AS-Iran, berusaha untuk menghindari konflik regional apa pun.

Timur Tengah hampir menemui konflik penuh pada Januari setelah serangan pesawat tak berawak AS menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan kepala paramiliter Irak Serbuk Mahdi al-Muhandis di bandara Baghdad.

Milisi yang miring pada Iran telah bersumpah untuk membalas kematian mereka.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)