Ternyata Perusahaan Ini di Balik Kapal ‘Siluman’ Buatan RI

Jakarta, CNBC Indonesia berantakan Baru-baru ini Indonesia berhasil merilis satu kapal perang teknologi tinggi yang resmi dipakai TNI Angkatan Laut. Ternyata kapal yang diberi nama KRI  Golok-688 ini diproduksi sebab perusahaan galangan kapal dalam negeri asal Banyuwangi.

Perusahaan itu bernama PT Lundin Industry Invest (LII). Dalam penjelasan dengan tertera pada laman Komite Kebijakan Industri Pertahanan, PT LII ini adalah kongsi yang bergerak di set sistem senjata alutsista swasta di Indonesia, asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam akun  resmi Instagram PT Lundin, mereka menyampaikan kesannya setelah peluncuran kapal buatan mereka. “Setelah periode berjuang akhirnya apa yang kita tunggu telah jadi diluncurkan pada hari dengan bersejarah ini”


[Gambas:Instagram]

Perusahaan itu dimiliki oleh dua orang kebangsaan Swedia, yakni John Lundin dan Lizza Lunding yang sudah berkecimpung sejak tahun 2003 di Nusantara dalam industri perkapalan. Menyesatkan tidak sudah 250 pesawat yang sudah diproduksinya buat kepentingan industri militer.

Luas pabrik PT LII mencapai 380 seperseribu meter persegi dengan besaran area indoor mencapai 6. 700 meter persegi. Tempat utama pabrik berukuran 80x20x18 meter dengan kapasitas menyentuh 500 ton vessel.

Dengan kapasitas kilang sebesar ini, PT LII sudah memproduksi beragam pesawat perang dan militer dengan terdiri dari jenis trimaran, catamaran dan monohul. Memutar tidak PT LII mempekerjakan lebih dari dua dupa orang karyawan untuk membuat fiberglass dan bahan pendukung pembuatan kapal.

Dari laporan itu terekam legitimasi perusahaan ini sudah mumpuni. PT LII sudah mengantongi sertifikat CE Export Certification, sudah mendapat ISO 9001 – 2015. Selain itu juga mengantongi permisi dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam bentuk tulisan ketetapan industri, dan surat izin industri. PT LII juga sudah mendapat penghargaan grade A Bea Cukai.

Untuk rekan internasional PT LII telah mengantongi beberapa sertifikat semacam International Marince Certification Institute dan Lloyd Register Certified ISO 9001.

“Dengan bekal sebanyak ini membuat kredibilitas dan karakter PT LII sudah tak diragukan lagi, ” tulis laporan KKIP, dikutip, Minggu (22/8/2021).

Sebelumnya, KRI Golok – 688 diluncurkan dalam acara Shipnaming dan Launching Kepala Pekerja Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S. E., M. M., berdiam di galangan PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Sabtu (21/8/2021).

Kapal ini berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran yang memiliki spesifikasi lebih kecil dan punya ketahanan kepada korosi yang baik.

“Dengan kecepatan dengan tinggi dan daya hancurnya yang besar kapal itu diharapkan akan mampu melaksanakan taktik kapal cepat peluru kendali yaitu hit and run, ” kata Laksamana Yudo dalam pernyataannya, dikutip Minggu (22/8).

Foto: KRI Golok-688. (Dok: PT. Lundin Industry Invest)
KRI Golok-688. (Dok: PT. Lundin Industry Invest)

Ia mengungkapkan bahwa pembangunan kapal KCR Trimaran ini tentunya memiliki makna dengan sangat strategis bagi PT. Lundin Industry Invest jadi salah satu industri pertahanan nasional yang telah berhasil pada pengembangan teknologi industri pertahanan untuk kepentingan nasional yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan lantaran negara lain terkait pemasokan Alutsista TNI Angkatan Laut di masa mendatang.

 

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)