Simak Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Corona di 2021

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebagian besar tahun 2020 dihabiskan dengan memerangi pandemi di seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan 2021?

Pendiri Microsoft, Bill Gates telah memberikan ramalannya. Berikut prediksi Bill Gates soal pandemi, dirangkum CNBC Indonesia, Jumat (1/1/2021).


1. Pandemi Corona Selesai Akhir 2021 Tapi…

Gates pernah memberikan angin segar dengan meramal corona bisa berakhir dan kehidupan kembali normal di akhir 2021. Prediksinya ini jika vaksin Covid-19 manjur.

Namun catatannya adalah ramalan tersebut hanya berlaku untuk negara maju saja. “Kami masih belum tahu apakah vaksin ini akan berhasil. Butuh waktu juga untuk meningkatkan kapasitas (produksi vaksin). Jadi alokasi di AS dan antara AS dan negara lain akan menjadi poin perdebatan paling atas,” ungkap Gates.

2. Situasi Normal Mulai Maret

Gates mengungkapkan jika kehidupan warga, khususnya Amerika Serikat (AS) akan mulai pulih sekitar bulan Maret hingga Mei. Sementara di negara lain era normal mulai terjadi di akhir 2021.

Keyakinan Gates sebab vaksin dan perawatan akan menjangkau pada skala global. Walaupun dalam perjalanan protokol kesehatan masih harus dilakukan.

“Meskipun akan masih ada beberapa pembatasan, misalnya kerumunan besar publik, angka kasus dan kematian akan mulai banyak menurun, setidaknya di negara-negara kaya dan kehidupan akan jauh lebih mendekati normal,” ungkapnya.

3. Awas Kondisi Memburuk

Namun nampaknya sampai Covid-19 benar-benar berakhir, dunia masih harus menghadapi kondisi yang memburuk. Pada Desember lalu, Gates menyampaikan jika 4 hingga 6 bulan ke depan bisa jadi kondisi terburuk dari pandemi.

“IHME (Institute for Health Matrics and Evaluations) memprediksi akan ada tambahan 200 ribu kematian (Covid-19),” kata dia.

Menurutnya angka kematian itu bisa ditekan bila masyarakat mau patuh dengan protokol kesehatan. Misalnya saja dengan menggunakan masker dan menghindari kerumunan atau tak sering melakukan kontak dengan orang.

Gates juga menyindir penanganan pandemi di Amerika Serikat. Menurutnya negara itu bisa mengendalikan Covid-19 lebih baik.

“Kita belum berada di kondisi terburuk. Tapi yang paling mengejutkan dari ini semua adalah dampak ekonomi tang diderita oleh Amerika Serikat dan dunia lebih besar dari perkiraan yang telah saya buat lima tahun lalu,” kata Gates.

4. Vaksin Minim di 2021

Gates juga memprediksi kemungkinan persediaan vaksin terbatas di tahun ini. Namun menurutnya jika vaksin lain berhasil akan membantu proses dan distribusi, terutama bagi negara berkembang.

Selain itu, dunia saat ini sudah memiliki sejumlah merek vaksin dan mulai didistribusikan. Gates menyebutkan jika vaksin akan terbukti ampuh.

“Dengan kabar baik dari Pfizer dan Moderna, kami pikir sekarang kemungkinan Astrazeneca, Novavax dan Johnson & Johnson juga akan menunjukkan kemampuan yang kuat,” kata Gates.

(sef/sef)