Sedih Tak Berujung, Selamat Tinggal Bung Glenn Fredly!

Jakarta, Pengeluaran SGP  Indonesia – Kabar duka tampaknya belum berhenti berdatangan di 2020 ini. Ketika kita semua diterjang banjir, kehilangan Kobe Bryant, dan masih berjuang melawan pandemi  corona.. kini kita semua harus  merelakan kepergian salah satu penyanyi berbakat dalam negeri,   Bung Glenn Fredly.

Pelantun tembang Januari ini tutup usia pada Rabu malam (8/4/2020). Semasa hidup, sosok Glenn berhasil membuat semua orang terpikat akan karyanya yang kerap sukses merajai tangga lagu musik dalam negeri.

Glenn mengawali karirnya sejak lulus SMA dalam 1994, dan telah meluncurkan twelve album termasuk album kompilasi lalu rohani. Serta dua single.



Karirnya bermula saat ia menjadi vokalis funk area di 1994, sampai akhirnya ia bernyanyi solo dan meluncurkan concept album bertajuk GLENN pada 1998. Di dalam album ini, Glenn mulai dikenal publik lewat lagu “Cukup Sudah”.

Sukses dengan record pertamanya, ia meluncurkan album kedua pada tahun 2000 dengan judul “KEMBALI”, di sini kita terbuai dengan suaranya yang merdu pada lagu “Kasih Putih”.   Kedua album tersebut bernaung di bawah Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto  Kosin.

Meski nama Glenn mulai dikenal di dua album tersebut, namun dari sisi penjualan masih belum tampak menonjol dan belum penuhi keinginan label. Baru pada the year 2003, ketika Glenn meluncurkan album ketiganya bertajuk “Selamat Pagi, Dunia! ” namanya mulai meroket, semua orang mengenal dan mencintainya dari lagunya yang berjudul “Januari”.

Januari memang istimewa bagi Glenn, lagu yang bertema perpisahan dengan kekasih hati ini justru membuka pintu popularitas lebih lebar buatnya dan mengantarnya berada di puncak tangga lagu selama berpekan-pekan. Setiap masuk bulan Januari, anda akan selalu ingat Glenn Fredly  dan lagu sendunya ini.

Setidaknya sampai Gigi beberapa tahun kemudian meluncurkan lagu berjudul “11 Januari. ” Lengkap sudah, ada lagu perpisahan dan juga lagu perjumpaan cinta di bulan ini.

Album Januari yang sukses gila-gilaan membuat Sony Music membuat repackaged dengan berbagai versi. Lalu Glenn dipercaya untuk membuat album soundtrack film Cinta Silver pada 2005.

Merintis karir sebagai penyanyi, kisah cinta Glenn sempat jatuh bangun. Ia pernah menikah dengan penyanyi, Dewi Sandra pada April 2006 dan kemudian berpisah. Lama tak terdengar kabar percintaannya sejak berpisah dengan mantan istri, baru pada 2019 lalu Glenn memutuskan mengakhiri statusnya sebagai duda dan menikahi Mutia  Ayu. Dari hasil pernikahannya, Glenn meraih momongan seorang putri yang cantik pada Februari 2020 kemarin.

Putri cantik terkait ia beri nama  Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Glenn belakangan juga tak sungkan membagi momen kemesraan bersama sang istri, dan juga mengekspresikan kebahagiaannya dengan kehadiran sang putri yang baru beberapa bulan lahir ke dunia.

Selain menjadi penyanyi, Glenn juga menjajal kemampuannya di bidang lain seperti menjadi aktor dan produser. Ia tercatat menjadi produser di beberap film yang cukup dikenal publik seperti Cahaya dari Timur (2014, filosofi kopi (2015), dan surat dari Praha (2016).

Dikenal dengan Kepeduliannya

Glenn dikenal juga oleh sesama selebriti atas kepeduliannya  pada isu-isu politik, lingkungan, dan sosial. Hal ini dibuktikannya saat berpartisipasi dalam konser amal bertajuk ‘Soul For Indonesian Earth’, sebagai penghargaan akan bumi, pada tanggal seven Juli 2007.

Ia juga pernah menjadi pembimbing untuk grup vokal Pasto dalam sebuah acara pencarian bakat di Trans TV. Pasto memenangi kontes tersebut.

Pada awal tahun 2005, Glenn menciptakan lagu “Kita untuk Mereka”, yang didedikasikan buat korban Tsunami di Aceh.

Lagu tersebut juga dinyanyikan oleh kelompok bernama “Indonesian Voices”, terdiri dari penyanyi-penyanyi Indonesia, termasuk almarhum Gito Rollies, Harvey Malaiholo, Rio Febrian, Duta Sheila on 7, Fadly Padi, Kikan Cokelat, Ahhmad Albar, Vina Panduwinata, Baim, Delon, Tia AFI, Ruth Sahanaya, Syahrani, Ubiet, serta lain-lain. Bersama dengan Indonesian Sounds, Glenn ikut menyanyikan lagu “Rumah Kita” dalam album “Tribute buat Ian Antono”.

Lagu “Rumah Kita” kembali ia nyanyikan beberapa waktu lalu, dengan sejumlah penyanyi papan atas dan dipandu oleh presenter Najwa  Shihab, tuk mendukung gerakan #dirumahaja selama pandemi corona berlangsung di Indonesia. Ia juga aktif dengan sejumlah musisi mengkampanyekan penolakan terhadap RUU Pemusikan.

Glenn masih sangat aktif bermusik, terakhir ia membuat banyak penggemar ambyar oleh lagu duetnya bersama Tulus, “Adu Rayu”.

Kini, Glenn telah pergi meninggalkan sejumlah karya yang akan dikenang kekal oleh para penggemarnya. Selamat tinggal, Bung!

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)