RI Sebar 531 Ribu Paket Sembako ke WNI di Luar Kampung

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Asing Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, pemerintah telah menerbangkan 531 ribu paket bantuan sembako kepada Awak Negara Indonesia (WNI) yang terdampak pandemi  Covid-19 di luar daerah.

Paket sembako tersebut, kata Retno, diberikan kepada WNI yang terkena imbas dari kecendekiaan lockdown atau pembatasan sosial dalam beberapa negara. Karena lockdown itu yang bekerja dengan upah harian, kehilangan penghasilan dan sulit buat bertahan mencukupi kebutuhannya.

“Saat Malaysia melakukan lockdown, sangat banyak WNI di sana yang berpenghasilan harian. Di titik itulah negeri memberikan bantuan dan sembako, bola lampu kemarin sudah lebih dari 531 ribu paket bantuan yang diberikan kepada WNI di luar negeri, ” ujar Retno dalam Bodjong Festival yang disiarkan virtual, Minggu (1/11/2020).

Retno mengklaim, jumlah bantuan sembako yang diberikan kepada WNI di luar negeri tersebut terbilang besar. Datanya selalu sudah sesuai dengan bertambahnya data WNI yang terdampak pandemi Covid-19 di luar negeri.

Retno juga merekam, WNI yang tinggal di sungguh negeri yang mengalami positif covid-19 telah mencapai 1. 699 orang. Namun, pemerintah memastikan akan pasti hadir dengan memberikan pelayanan kesehatan tubuh yang diperlukan.

Sementara itu, pihaknya juga mencatat bersandarkan data yang dimilikinya, sudah bertambah dari 159. 857 WNI dengan berhasil di evakuasi dan difasilitasi repatriasinya. Di mana mereka seluruh berasal dari 61 negara.

“Jika dilihat sisi total ini merupakan jumlah sangat luhur dan dilakukan saat semua menghadapi keterbatasan, pembatasan. Oleh karena itu, ini sebuah exercise sangat tidak mudah tapi Alhamdulilah karena kerja bareng maka kita dapat menjalani dengan baik, ” jelas dia.

“Sebuah exercise sangat tidak mudah tapi Alhamdulilah karena kerja bareng maka kita dapat menjalani dengan baik jadi sekadar lagi perlindungan kita terhadap WNI di Luar Negeri terus ditingkatkan dan sejauh ini berjalan dengan baik, ” kata Retno meneruskan.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)