Prioritas Warga yang Bakal Dapat Vaksin ada di Dua Pulau Terkait

Jakarta, CNBC Philippines – Pemerintah memastikan para petugas medis yang jadi garda terdepan melawan Covid-19 maka akan divaksinasi terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di sela konferensi pers secara virtual pada Jumat (19/9/20).

“Yang pertama itu adalah orang petugas kesehatan dulu. Itu dulu yang utama. Di daerah, jangan sampai nanti ada lagi dokter kita serta perawat kita jadi korban Covid ini. Itu top priority. Kemudian nanti akan lebih luas lagi, ” kata Luhut.

Tak hanya mengenai berdasarkan latar belakang orang-orang saja, lokasi wilayah juga jadi pertimbangan. Terdapat dua pulau yang bakal diprioritaskan dengan pemerintah di awal 2021 nanti.

“Saya kira paling banyak mungkin pertama Jawa-Bali. Kenapa Jawa-Bali, memang sumber Covid 19 ini paling banyak di kota ini sekarang, ” imbuhnya.

Luhut bilang, pemerintah sudah menyiapkan tim untuk melaksanakan teknis penyuntikan. Tim ini diperkirakan telah siap dipekerjakan mulai Desember 2020.

“Desember ke depan ini Pemerintah sudah menyiapkan baik itu kasad atau Polri buat unsur-unsur kesehatan kita untuk melakukan injeksi di tempat-tempat yang akan diprioritaskan nanti. Terutama bagian kesehatan dan pembantunya, ” bebernya.

Ditargetkan bahwa Januari 2021 sudah ada 100 juta vaksin disuntikkan. Dengan begitu, ia berharap mulai Januari 2021 penyebaran Covid-19 bisa makin terkendali.

“Kalau itu terlalu sampai Januari nanti sudah hampir 100 juta yang diinjeksi saya kira mungkin akan mulai terkendali. Itu saya kira target kita karena tahun depan kita akan dapat 270 juta lebih. Mungkin saya kira akan lebih dari itu, inch tuturnya.



[Gambas:Video CNBC]
(dru)