PNS Woles, Tunjangan Lengkap dan Honorarium Full Meski Harus WFH

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah telah memberikan izin kepada  PNS untuk bisa melakukan kerja dari rumah ataupun work from home (WFH) pada masa pandemi Covid-19, dan melayani tatanan kehidupan baru atau new normal. Sementara, gaji pokok PNS dipastikan tidak ada perubahan.

Artinya gaji akan diberikan secara penuh tanpa ada potongan meski terjadi pandemi Covid-19. Bahkan, gaji pokok PNS akan mengalami kenaikan melalui perombakan komponen honorarium yang saat ini tengah dibahas oleh Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

Keduanya adalah tunjangan tanggungan dan tunjangan jabatan sehingga dipastikan gaji pokok akan naik ataupun bertambah dari perhitungan saat itu. Tidak hanya gaji pokok dengan tetap, pemerintah juga memastikan THR dan gaji ke-13 PNS hendak diberikan secara utuh.

“Direncanakan pemberian THR dan Honorarium ke-13 dalam tahun 2021 dengan full, ” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani pada CNBC Indonesia, dikutip Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, anggaran untuk THR dan gaji ke-13 telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. Sebab karenanya, ini diharapkan bisa menolong para PNS untuk tetap melangsungkan belanja.

“Saat ini rencananya sama dengan kebijakan sebelum Covid-19. Nanti hendak dilakukan monitoring implementasinya di 2021, sebelum dilaksanakan, ” kata Askolani.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, pencairan THR dilakukan memutar lambat 10 hari kerja sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri. Proses pencairan THR, pun diatur dalam bentuk peraturan pemerintah.

Akan tetapi aturan itu belum dirilis oleh pemerintah. Kaidah pencairan THR biasanya diterbitkan negeri menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri yang artinya kemungkinan besar THR PNS akan dicairkan dalam Mei mendatang.

Honorarium ke-13 biasanya diberikan Pemerintah era masuk tahun ajaran baru bujang sekolah ya jatuh ada kisaran Juli. Sebab, gaji ke-13 ditujukan untuk membantu belanja PNS masa masuk tahun ajaran baru anak sekolah.

Komponen THR dan gaji ke-13 yang diterima meliputi gaji pokok, tunjangan tim, tunjangan jabatan, atau tunjangan ijmal, dan tunjangan kinerja.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 15/2019 tentang gaji PNS, gaji yang diterima PNS dikategorikan dengan beberapa golongan. Dari yang masa kegiatan terendah, hingga masa kerja tertinggi.

Untuk PNS golongan I masa kerja 0 tarikh, menerima gaji Rp 1, 56 juta per bulan. Sementara PNS golongan IV masa kerja 32 tahun, menerima gaji hingga Rp 5, 9 juta.