Pesan Sri Mulyani ke PNS Kemenkeu, Amankan Dana Desa!

Jakarta, CNBC Indonesia porakporanda Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melakukan silaturahmi secara virtual bergabung seluruh jajaran Kementerian Keuangan. Itu dalam rangka hari raya Idul Fitri 1441 H.

Dalam silaturahmi ini, Sri Mulyani tak lupa memberikan pesan agar jajaran Kemenkeu sebagai bendahara negara untuk terus bertanggung jawab dalam mengarahkan tugasnya mengelola keuangan negara dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani saat bertukar secara virtual dengan Silvia daripada KPPN Sanggau. Ia menekankan kalau KPPN yang bertugas mengelola sokongan desa agar dilakukan dengan baik. Agar bisa diawasi sehingga dana yang telah disiapkan dari tengah benar-benar tepat sasaran.



Pertama Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang telah dianggarkan pemerintah untuk masyarakat desa agar bisa diterima kelompok yang membutuhkan.

“Jadi bu Silvia untuk dana desa sokong dibantuin semaksimal mungkin supaya bangsa desa yang tidak mampu lekas mendapatkan BLT nya, karena kemarin memang pencairannya nampaknya belum maksimal, ” ujar Sri Mulyani, Senin (25/5/2020).

Ia menetapkan, pengawasan harus dilakukan secara selektif agar tidak ada kecurangan di penyaluran BLT kepada masyarakat. Ia ingin agar uang negara yang dititipkan betul-betul sampai ke umum miskin di desa.

“Ada hal-hal agar dibimbing biar tidak ada penyelewengan, supaya betul-betul uang negara untuk masyarakat bisa dinikmati dan benar-benar untuk tujuannya, ” jelasnya.

Perintah yang sama juga disampaikan oleh Sri Mulyani kepada pegawai DJPK bagian Evaluasi Sistem yakni Pangeran Hutagaol untuk bisa mengawasi Memindahkan ke Daerah dan Dana Daerah agar berjalan baik dan mampu sampai ke daerah tanpa kendala.

“Tolong di evaluasi terus ya termasuk ini penggunaan TKDD dalam rangka kita hadapi covid-19 ya, ” tegasnya.

Dalam penutupannya, SriMulyani tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaranKemenkeu karena sudah berlaku tanpa lelah dalam membantu asosiasi miskin terutama dalam menghadapiCovid-19 ini. Dimana, dalam masapandemi ini, peanKemenkeu menjadi sangat penting dalam memerosokkan perekonomian dan membantu masyarakat yangterdampak. (dob/dob)