Perdata Tipu-tipu Lowongan Kerja BUMN, Cek Fakta Ini Dulu!

Jakarta, CNBC  Indonesia – Salah utama perusahaan BUMN,   PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT POKOK (Persero) menginformasikan kepada kelompok untuk berhati-hati terhadap akun media sosial yang membuka lowongan pekerjaan atas tanda PT INTI dengan modus penipuan.

Aktivitas penipuan yang menggunakan akun Instagram bernama @ptinticareer. official tersebut menginformasikan lowongan order yang mempersyaratkan para pelamar untuk mengirimkan uang di nominal biaya tertentu sebelum menjalani proses seleksi.

Akun palsu @ptinticareer. official itu juga secara aktif mengambil dan mencetak konten resmi perusahaan biar akun tersebut terlihat membuktikan.


“Kami mengimbau masyarakat dan para pencari kerja untuk bertambah teliti dan berhati-hati terhadapakun palsu yang mengatasnamakan suatu perusahaan, ”  kata Vice President Sekretaris Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT INTI Rizqi Ayunda Pratama, di keterangan resmi, Kamis (19/8).

Dia menegaskan, perseroan hanya menginformasikan lowongan pekerjaan beserta setiap proses rekrutmennya mencuaikan akun resmi @ptintiofficial di Twitter, Instagram, dan Facebook Fanpage, serta website www.inti.co.id.

“Perseroan tak memungut biaya dalam di setiap proses rekrutmen, ” katanya menegaskan.

Sebab itu, perseroan mengimbau supaya masyarakat dapat mengkonfirmasi dan melaporkan melalui direct message (DM) akun resmi Instagram @ptintiofficial apabila menemukan akun-akun penipuan yang mengatasnamakan PT INTI.

“Masyarakat juga dapat ikut berkontribusi mencegah aksi penipuan yang lain dengan ikut melakukan report account atas. Mari lebih berhati-hati dalam beraktivitas di media sosial karena kami tidak bertanggung jawab arah segala kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut, ” katanya.

Posisi resminya mencatat, PT POKOK menjalankan lini bisnis itu dengan membuat Kabel Macet Optik, Smart Energy Devices, dan Tabung Liquid Petroleum Gas (LPG) Composite. Perusahaan juga merakit perangkat berpengetahuan untuk lini produk Broadband dan Smart Energy, kartu cerdas, dan genuine product.

Perusahaan dibangun sebagai evolusi dari kegiatan sama PN Telekomunikasi serta Siemens AG pada 1966. Kerja sama ini berlanjut pada pembentukan Pabrik Telepon dan Telegraf (PTT) jadi bagian dari Lembaga Studi dan Pengembangan Pos serta Telekomunikasi (LPP Postel) di tahun 1968.

[Gambas:Video CNBC]
(tas/tas)