Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky Masuk RS Gegara Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia porakporanda Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelensky dirawat di rumah sakit setelah diketahui terpapar  virus corona hangat penyebab Covid-19 pada Senin (9/11/2020). Menurut juru bicara kepresidenan, kondisi kesehatan Zelensky tidak begitu benar-benar.

“Dia (Zelensky) prima kali pulang tetapi memutuskan buat pindah ke Feofania (rumah sakit) untuk mengisolasi secara akurat dan tidak bertemu siapapun, ” sekapur seorang juru bicara kepresidenan, dikutip dari ABC News.

Presiden berusia 42 tahun itu dilaporkan memiliki suhu tubuh 37, 5 celcius. Selain Zelensky, 3 pejabat tinggi lainnya, termasuk gajah keuangan, menteri pertahanan, dan ajudannya juga dilaporkan terinfeksi virus corona.

Penghitungan harian infeksi virus corona baru di Ukraina mulai melonjak pada akhir September dan tetap tinggi secara konsisten pada Oktober dan November. Hal ini mendorong pemerintah untuk memperpanjang beberapa pembatasan hingga akhir tarikh 2020.

Pada Rabu (11/11/2020), kabinet Zelensky memutuskan buat memberlakukan penguncian nasional pada simpulan pekan untuk menekan angka penyebaran virus corona.

“Tidak ada orang dengan beruntung di dunia yang tidak menganggap Covid-19 sebagai ancaman, ” kata Zelensky di Twitter.

Menurut data Worldometers, keterangan Covid-19 per Kamis (12/11/2020) dalam Ukraina mencapai 500. 865 kasus, bertambah 11. 057 orang, dengan 9. 145 kasus kematian, dan 227. 694 pasien berhasil sehat.

Zelensky menjadi Pemimpin Ukraina pada 2019 sebagai karakter baru politik. Ia sebelumnya dikenal sebagai aktor dan komedian. Tempat sebelumnya populer untuk sitkom TV berjudul Servant of the People.

Di sana dia berperan sebagai guru yang tiba-tiba menjadi presiden setelah membuat kata-kata kasar tentang korupsi yang menjelma viral. Di dunia nyata, Zelensky dengan mudah mengalahkan petahana Petro Poroshenko dalam pemilihan presiden Ukraina.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)