Nilai Sepeda Lipat Anjlok, Melihat Dulu Pacifik Noris & Brompton!

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga sepeda kini mengalami penurunan. Makna bahkan anjlok drastis dalam jenis sepeda lipat dengan harga tergolong murah yakni di bawah Rp 5 juta.

Pemakai sepeda pun merasakan dengan jalan apa perubahan harga ini dengan berlangsung dalam rentang utama tahun terakhir. Setelah sempat naik di Agustus maka akhir tahun 2020, sebab awal 2021 harga mendarat.

“Awal-awal pandemi mungkin efek ramenya digunakan produsen, situasinya jarang-jarang oleh karena itu harga benar-benar melambung mulia. Saya juga ikut merasakan, khususnya sepeda lipat dengan harga pasaran Rp 3 jutaan kemarin bisa masuk 2x lipat ke Rp. 5 juta hingga Rp. 6 juta. Saya pula merasakan, ” kata Pemimpin Komunitas Sepeda D’Margo Nadih kepada CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (12/8/2021).


Selain untuk muncul sendiri, banyak juga anggotanya yang membeli sepeda anyar demi keperluan hobi. Dari situ terpantau fluktuasi nilai sepeda, utamanya sepeda lipat dengan harga murah.

“Sekarang kembali normal, justru di bawah harga normal. Untuk sepeda lipat misal Pacific, kemarin dengan Noris Rp 5 juta hingga Rp 6 juta, sekarang Rp 2, 5 juta sampai Rp. 3 jutaan. Jauh banget, makanya yang kemarin dadakan penuh dilego dengan harga yang rugi banget, ” kata pendahuluan Nadih.

Kebanyakan yang menjual kembali sepedanya umumnya cuma mencoba-coba demi hobi sesaat. Ketika sudah merasa bosan, serta trennya mulai gaib, maka menjual kembali unit jadi jalan terbaik.

Dari situs formal Pacific Bike, ada kaum sepeda yang kini mempunyai banderol Rp 3 jutaan. Misalnya Noris RS (Rp. 3, 5 juta), Noris RX 20′ (Rp. 3, 8 juta), Noris Batman 16′ (Rp 3, 85 juta), Noris 1. 0 VT 16 (Rp 3, 25 juta) dan Noris RX 16 (Rp 3, 7 juta).

Sementara itu sepeda lipat impor seperti Brompton, biar penurunan harganya tidak begitu signifikan. Misalnya Brompton M6L Raw Lacquer beberapa kamar lalu mencapai Rp 41 juta, kini harganya mendarat landai sekitar Rp 37 juta.

Contoh M6R BE Color dibanding semula Rp 43 juta menjadi Rp 39 juta. M6R BE Lacquer dengan semula kisaran Rp 46 juta saat ini kembali ke angka Rp 42 juta.

[Gambas:Video CNBC]
(mij/mij)