Mungkin Nggak Sih Vaksinasi Covid-19 RI Tuntas Tahun ini?

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah berencana untuk menyelesaikan program vaksinasi Covid-19 di tarikh ini. Sementara, untuk bisa mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, Indonesia perlu menyuntikkan vaksin Covid-19 ke 181, 5 juta penduduk.

Mungkinkah vaksinasi bisa siap tahun ini?


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, program vaksinasi sudah dimulai lebih awal sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam 13 Januari 2021. Pada periode pertama, vaksinasi ditujukan kepada 1, 3 juta tenaga kesehatan.

“Sekarang 179. 000 karakter telah divaksinasi. Diharapkan ini mampu mencapai target, ” jelas Airlangga dalam webinar, Selasa (26/1/2021).

Pemerintah berencana pada Januari-April 2021 ini, kalender vaksinasi juga akan menyasar 17, 4 juta petugas pelayanan terbuka. Setelah itu, program vaksinasi gelombang II akan diperuntukan bagi 63, 9 juta masyarakat rentan serta 77, 4 juta masyarakat lainnya mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Kendati demikian, pemerintah pun berencana untuk memacu target vaksinasi. Dari yang diperkirakan akan berlangsung dari Januari 2021 hingga Maret 2022, berencana untuk mempercepat dan menyelesaikan vaksinasi Covid-19 hingga Desember 2021.

“Presiden minta ini akan diselesaikan di Desember sehingga ada percepatan 77 juta masyarakat yang jadwal di Januari-Maret tahun depan ditarik ke depan, ” kata Airlangga melanjutkan.

Meski begitu, ia menyebut, program vaksinasi ini bisa berhasil apabila masyarakat pasti menjalankan protokol kesehatan melalui 3M. Airlangga memastikan pemerintah akan tetap memonitor agar penerapan 3M di masyarakat bisa diterapkan.

“Kegiatan terkait kedisiplinan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga renggang ini terus harus dilakukan dan tentu kita harus juga membersihkan tangan dan gerakan 3M dalam hulu wajib disiplinkan karena menjelma bagian proses penularan, ” tuturnya.

Halaman 2> > >