Meremehkan iPhone 12 Tanpa Charger, Samsung Jilat Ludah Sendiri

Jakarta, CNBC Indonesia – Samsung akhirnya memastikan mengikuti jejak Apple iPhone 12 menghilangkan charger dan earphone dalam boks ponsel terbarunya. Pengumuman ini dilakukan raksasa teknologi Korea Selatan pada gelaran Galaxy Unpacked, Kamis (14/1/2021).

SVP Experience Planning & SDIC Samsung, Federico Casalegno menjelaskan keputusan ini datang dari banyak pengguna perangkat Samsung Galaxy yang ingin memiliki kehidupan berkelanjutan demi masa depan. Mereka selalu memilih untuk menggunakan kembali.

“Mereka memilih untuk memakai kembali charger dan earphone dengan dimiliki, lalu tidak menggunakan (charger dan earphone) baru di boks, ” kata Casalegno dalam Galaxy Unpacked, Kamis (14/1/2021).


Dengan alasan menjadi bagian buat membuat Bumi bisa lebih bagus bagi generasi berikutnya, Samsung keputusannya menanggalkan kedua item tersebut.

Dia memasukkan jika Galaxy S21 menggunakan kabel USB-C yang kompatibel pada perangkat lainnya. Charger juga tetap dijual dengan harga lebih murah.

“Charger akan tetap tampil untuk mereka yang menginginkannya secara harga lebih murah, ” ungkapnya.

Samsung jadi nama perusahaan teknologi terakhir hadir tanpa charger, Sebelumnya CEO Xiaomi, Lei Jun pastikan boks Mi 11 hadir tanpa perangkat tersebut.

Padahal keduanya sempat mengejek keputusan Apple saat tak membawa kedua perangkat dalam boks iPhone terbarunya. Xiaomi sempat mengunggah video singkat memastikan produknya hadir secara kepala charger.

Peristiwa yang sama juga sempat oleh karena itu guyonan Samsung. Dalam unggahan di akun Facebook, Samsung memastikan menyampaikan charger pada boks, namun postingan tanggal 13 Oktober 2020 itu sudah dihapus.

Tatkala itu Apple jadi perusahaan teknologi pertama meninggalkan earphone dan charger dari boks ponselnya. Perusahaan beralasan keputusan itu untuk mengurangi limbah plastik serta barang elektronik karena kedua item itu.

Apple mengklaim selama ini sudah ada ratusan juta charger pada pasaran. Namun alasan lain dikatakan sejumlah analis yang mengungkap keputusan Apple untuk menekan harga jual smartphone namun margin usaha langgeng terjaga.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)