Menyambut Grammy, Yuk Intip Prestasi BTS yang Bikin Takjub Army

Jakarta, CNBC Indonesia – Perhelatan Grammy Awards ke-63 belangsung dalam pekan depan. Boyband asal Korea Selaran Bangtan Sonyeondan alias BTS menjadi lengah satu yang siap bertumbukan pada ajang bergengsi tersebut.

BTS menyelap ke dalam nominasi penghargaan untuk kategori Best Pop Duo / Group Performance lewat lagu “Dynamite”. Penuh pihak yang menjagokan Peri dan kawan-kawan membawa kembali penghargaan tersebut.

Sambil menunggu hasilnya, mari kita lihat penghargaan barang apa saja yang sudah didapatkan BTS beberapa waktu ke belakang, seperti yang dikutip dari detikcom, Minggu (7/2/2021)


1. Memecahkan rekor The Beatles

BTS berhasil mencetak cerita music international. Tahun berserakan BTS mengukir prestasi dalam Billboard 200 Album Chart dengan mencari peringkat baru di Billboard Hot 200.

Prestasinya tersebut diraih hanya dalam zaman yang singkat dibanding persekutuan manapun. Bahkan dalam kelanjutan berhasil memecahkan rekor dengan sebelumnya dipegang oleh The Beatles.

2. Musik Video dengan Penonton Terbanyak

Lagu Dynamite jadi memecahkan tiga rekor Guinness World Records. Yaitu jadi music video yang paling banyak ditonton. Khususnya di dalam platform YouTube dan MV K-Pop selama 24 Pedoman pertama dengan jumlah 101, 1 juta penonton.

3. Kedudukan 1 di Billboard

BTS serupa berhasil merajai Billboard Sempurna Social 50 selama 3 tahun berturut-turut dan belum pernah turun dari posisinya saat ini.

4. Album Terlaris

Rekaman terbaru BTS yang dirilis tahun lalu juga mengukir prestasi. Map of the Soul: 7 berhasil mengatasi Guinness World Records jadi album terlaris 2020.

Album ini apalagi terjual sebanyak 4, 1 juta kopi secara global, hanya dalam waktu 9 hari saja.

5. Entertainer of the Year

Semakin popular tidak hanya digandrungi kaum hawa dibuktikan lewat pencapaianya yang berhasil dinobatkan sebagai Entertainer of the Year 2020 oleh majalah Times.

6. Kemenangan Terbanyak di Acara Irama

BTS juga menjadi satu-satunya persekutuan K-Pop yang memegang rekor kemenangan terbanyak di program music dalam waktu kepala tahun. Tercatat tahun 2020 BTS mendapatkan 50 kemenangan di berbagai acara music.

Lagu Dynamite tercatat menang 12 kali di Musik Bank, 10 kali di Music Core dan masing – masing 3 kemenangan di Show Champion dan Inkigayo. Pembawaan On Juga berhasil menang 16 kali dan pembawaan Life Goes On meraih 6 kali kemenangan.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Seo Taiji dan Boys tahun 1992 silam, selama 28 tarikh dengan total 43 kemajuan.

tujuh. Global Recording Artist of the Year

BTS kembali menambah prestasi baru. Pada Kamis (4/3/2021) Grup yang dikepalai RM ini berhasil IFPI Global Recording Artist of The Year untuk tarikh 2020.

Ijmal Recording Artist of the Year merupakan penghargaan yang diberikan setiap tahunya untuk mengakui popularitas artis di seluruh dunia. Baik pada format musik digital maupun fisik..

BTS menjadi artis Korea Daksina sekaligus Asia pertama yang meraih prestasi tersebut. Sebelumnya penerima penghargaan ini didominasi para musisi Amerika Utara (Taylor Swift, Drake) ataupun Inggris (One Direction, Adele, dan Ed Sheeran).

[Gambas:Video CNBC]
(mij/mij)