MENODAI Uji Klinis Suplemen Berbahan Jahe Merah Hingga Jambu Biji

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah berupaya sekuat gaya menghentikan penularan virus corona gres penyebab  Covid-19 di tanah cairan. Satu diantara langkah adalah mengembangkan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menteri Riset & Teknologi/Kepala Badan Riset dan Perubahan Nasional Bambang P. S. Brodjonegoro menyatakan, saat ini pemerintah pantas mengembangkan suplemen dari bahan-bahan seolah-olah jahe merah, jambu biji, dan virgin coconut oil (VCO).

Saat ini, suplemen itu, sedang dilakukan uji klinis terutama di Rumah Sakit Darurat Covid-19, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.


“Dari bahan-bahan tersebut kita harap bisa mendayagunakan suplemen yang ada kalau cocok untu meningkatkan daya tahan terhadap Covid-19 atupun menghasilkan suplemen baru, ” kata Bambang saat konferensi pers terkait Inovasi Teknologi Untuk Respons Pandemi Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Sementara itu untuk obat, Jelas mengatakan uji klinis sedang dikerjakan terhadap beberapa macam obat yang direkomendasikan dari luar negeri seperi Avigan, Hydrochloroquine, dan Tamiflu. Namun, dari dalam negeri, Kemenristek juga sedang menguji pil kina jadi obat alternatif.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)