Menkes Lapor ke Jokowi: Urusan Covid-19 Meningkat Luar Pelik

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Kesehatan Akhlak Gunadi Sadikin menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Pemimpin Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Senin (21/6/2021). Di keterangan pers setelah ratas, BGS, sapaan akrab Akhlak Gunadi Sadikin, melaporkan berbagai kabar yang berkembang di publik perihal pandemi Covid-19 beberapa waktu terakhir.

“Di ratas sebetulnya sudah kami laporkan melanda berita-berita di masyarakat dengan beredar mengenai kondisi dalam rumah sakit kita, perawat kita dan obat-obatan kita, ” ujarnya.

Menurut BGS, Kemenkes sudah mempersiapkan diri berdasarkan pengalaman peningkatan kasus pada masa Januari-Februari awal tahun itu.

“Kami sudah mempersiapkan sejak dini jumlah tidur yang ada, obat-obatan yang diperlukan, peralatan seolah-olah APD dan juga kedok yang dibutuhkan termasuk selalu tenaga kesehatannya, ” katanya.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu pun menuturkan ada lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan beberapa waktu belakangan.

“Kami sampaikan memang sampai saat itu terjadi peningkatan yang asing biasa dan itu istimewa untuk bisa fokusnya tidak hanya di sisi mulut di sisi RS, dalam sisi penanganan orang lara, tapi lebih penting teristimewa fokus ke sisi desa bagaimana kita mencegah supaya orang sehat ini tanpa menjadi sakit, ” introduksi BGS.

“Dan arahan beliau sangat terang. Beliau memberikan arahan besar hal agar kita mengikhtiarkan di sisi hulunya dengan baik sehingga mengurangi lagu ke sisi hilirnya. Di mana kita bisa mengikhtiarkan agar mencegah orang bugar ini tidak menjadi melempem bukan hanya menangani orang yang sudah sakit menjelma sembuh, ” lanjutnya.

Arahan Jokowi beserta, menurut BGS, adalah menguatkan implementasi lapangan untuk agenda PPKM mikro dan mempercepat vaksinasi Covid-19.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/dru)