Memperhatikan Perang! Trump Mau Jual Jet Tempur Canggih F-35 ke EUA

Jakarta, CNBC Nusantara – Pemerintahan Pemimpin Donald Trump telah menyatakan ke Parlemen AS ingin menjual 50 pesawat jet tempur Lockheed Martin F-35 II ke Uni Emirat Arab (UEA). Nilainya mencapai US$10 miliar atau Rp 146 triliun (asumsi Rp 14. 600/US$).

Kabar ini datang kurang dari dua bulan setelah pengesahan Abraham Accord, sebuah perjanjian yang membangun hubungan diplomatik antara Israel dan UEA, yang telah membuka banyak peluang dalam perdagangan, teknologi dan kerja sama keamanan.

UEA selama bertahun-tahun mengincar pesawat F-35, platform jet tempur paling canggih di pasar. Namun rintangan utamanya ialah Israel, yang oleh AS dijanjikan memiliki keunggulan teknologi atas tetangganya da akses eksklusif ke kaum senjata terbaik AS.


Jika disetujui, penjualan itu mau membuat UEA menjadi negara kedua di kawasan Timur Tengah yang mendapatkan pesawat jet tempur GANDAR generasi kelima.

“Potensi penjualan F-35 ke UEA menandakan betapa seriusnya Uni Emirat Arab menanggapi ancaman Iran, ” kata Michael Rubin, mantan pejabat Pentagon kepada CNBC International, Sabtu (31/10/2020).

Para ahli menekankan pesawat F-35 bukan hanya sekedar jet. Ini adalah program pengadaan Pentagon yang paling mahal maka saat ini dan dianggap jet tempur paling maju dari dengan ada di pasar.

Jet tempur ini dapat mengidentifikasi dan menghilangkan ancaman sebelum terdeteksi berkat teknologi siluman, kecepatan amblas supersonik, dan kemampuan pelacakan pasif yang sangat rahasia.

Saat ini Harga jet F-35 mencapai  US$ 100 juta. Kemahiran F-35 berada di atas apa Jet tempur yang dimiliki Iran. Ini memberi UEA kemampuan untuk membalas Iran.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)