Makmur Sumber Daya Alam, Aceh ‘Juara’ Kemiskinan dan Pengangguran

Jakarta, CNBC Nusantara – Provinsi Aceh jadi bahan perbincangan warganet dalam dunia maya. Gara-garanya, di biro Gubernur Aceh berjejer papan karangan bunga berisi ucapan selamat. Namun ucapan ini lebih bermakna sindiran.

“Terima kasih Pak Gubernur telah mempersembahkan prestasi juara 1 termiskin se-Sumatera, ” tulis ucapan dari pengirim yang mengaku bernama Mantan Penjilat.

“Terima kasih kepada Gubernur serta Sekda di atas Penderitaan Kaum Jelata, ” tulis karangan lain dari Askar BMIM.


Wajar rakyat Tanah Serambi Mekah kecewa. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, Aceh menjadi provinsi secara tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Sumatera.

Pada September 2021, tingkat kemiskinan di Aceh tercatat 15, 43%. Naik dari periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 15, 01%.

Sumber: BPS

Lebih mengenaskan lagi, situasi ini telah berlangsung bertahun-tahun. Setidaknya sejak 2005, Aceh terus saja jadi provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di tanah Sumatera.

Tidak hanya kemiskinan, level pengangguran di Aceh pun agung. Tingkat pengangguran di Aceh  tahun lalu memang bukan yang tertinggi di Sumatera, tetapi tahun-tahun sebelumya Aceh jadi yang nomor utama.

Halaman Selanjutnya > > Aceh Punya Potensi Besar