Kaidah Privasi Baru WhatsApp Sah 15 Mei dan Nasib Akun Kamu

Jakarta, CNBC Nusantara – Pada 10 hari lagi WhatsApp akan memberlakukan peraturan privasi barunya. Pengguna akan diberi pilihan untuk menyetujui maupun tidak aturan tersebut.

Sebelumnya aturan tersebut direncanakan diberlakukan pada 8 Februari 2021. Namun buat meluruskan disinformasi akhirnya ditunda hingga 15 Mei 2021 mendatang.

Bila setuju oleh sebab itu pengguna mengizinkan WhatsApp buat membagikan datanya pada pokok usahanya Facebook. Meski manifestasi tersebut juga sudah dilakukan sejak lama oleh WhatsApp.


Sebanyak data yang dibagikan tersebut adalah level baterai, kekuatan sinyal perangkat, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, dan informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau (ISP). Selain tersebut juga ada data cara dan zona waktu, alamat IP, informasi sistem proses perangkat, dan identifikasi unik terkait dengan perangkat ataupun akun yang sama.

Menurut WhatsApp, aturan baru tidak akan mengubah cara komunikasi pada pemakai. Termasuk juga end-to-end encryption yang tetap digunakan dan membuat WhatsApp tak mampu membaca pesan penggunanya kaya dikutip dari WhatsApp, Rabu (5/5/2021).

WhatsApp juga mengklaim pihak perusahaan tidak dapat nelihat kedudukan yang dibagikan pengguna. Serta Facebook tak diberikan kontak pengguna WhatsApp, dikutip laman BGR.

Tetapi bila pengguna tidak membenarkan aturan tersebut pengguna memiliki waktu selama 120 keadaan untuk berpikir dengan kesimpulan. Selama waktu itu akun akan dikatakan tidak rajin.

Akun tersebut tidak bisa melakukan kegiatan membaca dan menulis hanya dapat menerima panggilan serta notifikasi. Setelah lewat masa itu akun akan otomatis terhapus.

Pengguna yang menghapus akun dan menginstall ulang pun tidak bisa lepas dari peraturan ini. Kamu tetap harus menyetujui aturan tersebut. Pengguna dengan nomor baru kendati harus menyetujui kebijakan privasi itu baru dapat memakai WhatsApp.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)