Jokowi Umumkan PPKM Mikro Genting, IHSG Gundah Gulana Bagian 2

Jakarta, CNBC Indonesia – Sempat terangkat meninggalkan level psikologis 6. 000, Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) tersungkur ke daerah merah pada penutupan perniagaan sesi pertama Kamis (29/6/2021), menyusul berlarutnya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Taat data Bursa Efek Nusantara, IHSG berakhir di level 5. 980, 035 atau surut 5, 45 poin (-0, 09%) setelah sepanjang perdagangan pagi berada dalam zona hijau dengan kelas pembukaan di 6. 001, 12 atau menguat sebesar 0, 26%.

Kenaikan di dalam pagi terjadi setelah IHS Markit melaporkan aktivitas manufaktur Indonesia per Juni, dengan diukur dengan Indeks Eksekutif Pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI), tercatat di angka 53, 5 atau masih ekspansif.


Sayangnya koreksi terjadi usai pukul 11: 00 hingga indeks acuan pasar uang nasional tersebut sempat mengenai level terendahnya pada 5. 969, 263. Investor ganjil tercatat melakukan penjualan bersih ( net sell ) tipis, senilai Rp 1, 1 miliar.

Aksi jual asing terjadi di tengah masih tingginya kasus baru Covid pada Indonesia, yakni 21. 807 pada Rabu kemarin, menjadi rekor kasus baru harian yang tertinggi sepanjang pandemi. Kementerian Kesehatan mencatat pasien positif corona berjumlah dua, 18 juta orang.

Peristiwa aktif mencapai 239. 468 orang, atau kian mendatangi jumlah ranjang rumah lara di Indonesia yang cuma 276. 000. Angka peristiwa aktif menunjukkan jumlah penderita yang masih dalam perawatan, baik di fasilitas kesehatan tubuh maupun karantina mandiri. Bukti ini menggambarkan seberapa berat beban yang ditanggung pola pelayanan kesehatan.

Sentimen terbaru, pemerintah resmi akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Kelompok (PPKM) Mikro Darurat dimulai pada 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 untuk wilayah jawa & Bali.

Demikianlah diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan meniti youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021)

“Setelah dapatkan penuh masukan, menteri, ahli kesehatan tubuh dan kepala darah aku memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus untuk Jawa Bali, ” kata Jokowi.

Patuh Jokowi keputusan ini harus diambil seiring dengan lonjakan kasus positif covid di beberapa waktu terakhir. Termasuk kehadiran varian baru dengan penyebaran yang lebih lekas.

“Situasi ini mengharuskan kita ambil langah-langkah tegas supaya kita bersama-bersama dapat menegah Covid, ” jelasnya.

Analisis Teknikal

Teknikal Foto: Putra
Teknikal

Pergerakan IHSG dengan memakai periode per jam (hourly) dari indikator Boillinger Band (BB) melalui metode tempat batas atas (resistance) & batas bawah (support). Saat ini, IHSG berada pada area batas atas secara BB yang kembali berkembang maka pergerakan IHSG selanjutnya cenderung sideways .

Untuk mengubah gaya menjadi bullish atau pengukuhan, perlu melewati level resistance yang berada di daerah 6. 113. Sementara untuk mengubah tren menjadi bearish atau penurunan perlu meninggalkan level support yang berharta di area 5. 980.

Indikator Relative Strength Index (RSI) sebagai indikator momentum yang membandingkan antara besaran kenaikan dan penurunan nilai terkini dalam suatu kurun waktu dan berfungsi untuk mendeteksi kondisi jenuh kulak (overbought) di atas tangga 70-80 dan jenuh berniaga (oversold) di bawah level 30-20.

Saat ini RSI berada di area 46 yang belum menunjukkan adanya indikator jenuh beli ataupun jenuh jual sehingga pergerakan indeks cenderung netral nama lain sideways.

Secara keseluruhan, melalui pendekatan teknikal secara indikator BB di batas atas dan mulai menyempit, maka pergerakan selanjutnya mengarah terbatas. Hal ini selalu terkonfirmasi dengan indikator RSI yang netral.

Indeks perlu melewati (break) salah satu level resistance atau support, untuk melihat arah pergerakan selanjutnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]
(trp/trp)