Jokowi Reshuffle Kabinet, Bambang Brodjonegoro Jadi Bos IKN?

Jakarta, CNBC Indonesia kacau Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai Presiden  Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju seiring perubahan nomenklatur kementerian.

Seperti diketahui, rencana Jokowi telah mendapat setu dari DPR RI di dalam, pekan lalu, yaitu menyatukan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan serta membentuk Departemen Investasi.

“Peleburan dua kementerian, Kemendikbud dan Kemenristek, ini kan bongkar pasang. Dulu kan disatukan. Lalu dipisah. Dan zaman ini ingin digabungkan teristimewa. Jika ada peleburan tetap akan ada reshuffle, ” ujar Ujang dalam perbincangan dengan CNBC Indonesia, Senin (12/4/2021).

Menurut dia, Jokowi telah menyiapkan posisi tersisih kepada Menristek/Kepala BRIN saat ini, yaitu Bambang Brodjonegoro.

“Kelihatannya Jelas Brojonegoro akan digeser siap Kepala Otorita Ibu Praja Negara. Karena dulu kan dia yang buat perencanaan Ibu Kota Negara ketika dia jadi Menteri PPN/Kepala Bappenas, ” kata Ujang.

Lebih sendat, dia menilai perlu tersedia sosok baru yang kelak memimpin Kemendikbud usai dilebur dengan Kemenristek. Sebab, Nadiem Makarim selama ini banyak menelurkan kebijakan yang kontrovesial.

“Harusnya Nadiem direshuffle karena kebijakannya penuh yang kontroversial. Tapi dengan politik dia akan aman, ” ujar Ujang.