Jangan Kaget, Segini Harga Roda Brompton Sekarang

Jakarta, CNBC Nusantara – Demam sepeda  Brompton sempat bercabul di tanah air kaum waktu lalu. Meski tergolong mahal, sepeda itu memiliki banyak penggemar.

Lantaran hukum ekonomi, nilai sepeda Brompton sempat memuncak tinggi pada masa kausa pandemi Covid-19 hingga simpulan tahun lalu. Kenaikan harganya juga tidak main-main, bisa meningkat hampir dua kala lipat dari harga semula.

Lalu, dengan jalan apa dengan kondisi harga roda Brompton saat ini? Pemimpin Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada CNBC Indonesia, Senin (15/6/2021), bercerita perihal terangkat turun harga sepeda itu.

“Brompton kehormatan nggak normal, demand mulia, supply tersendat jadi harga di atas Rp 50 juta waktu itu, seluruh Rp 45 juta ke atas, padahal normalnya Rp 30 jutaan lebih, ” kata Eko.

Harga yang mahal itu bukan rintangan bagi pengguna sepeda Brompton. Meski kenaikan harga tak wajar, namun tetap ludes karena tingginya peminat. Beberapa memang untuk kebutuhan, tetapi tidak sedikit juga dengan membelinya demi gaya tumbuh. Sikap konsumtif itu yang ikut membuat harga tumbuh. Di sisi lain, simpanan barang juga menipis akibat permintaan yang menggila.

Namun, kondisi berbeda justru terjadi saat itu, ketika permintaan tidak sejumlah beberapa bulan lalu. Imbasnya, stok pun berlimpah, oleh sebab itu harganya pun cenderung mendarat.


“Sekarang menyesuaikan, barang ada, harga baru kisaran Rp 36 juta. Malah para importir yang bukan distributor bisa jual harga di bawah Rp 36 juta, ” kata Eko.

Misalnya harga Brompton M6L Raw Lacquer beberapa bulan lalu mencapai Rp 41 juta, kini harganya dalam kisaran Rp 37 juta. Begitu pun dengan M6R BE Color dari semula Rp 43 juta menjadi Rp 39 juta. Tengah M6R BE Lacquer dengan semula kisaran Rp 46 juta saat ini balik ke angka Rp 42 juta.

Adapun jenis sepeda Brompton dengan sempat menyentuh angka Rp 50 juta lebih adalah M6L Flame Lacquer had Rp 53, 2 juta, padahal harga normal di Rp 38 juta. Lalu ada lagi M6R Flame Lacquer yang sempat menyentuh Rp 54, 6 juta, meski harga normal Rp 39 juta.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)