Ini Kunci Pencapaian Kinerja Tentu Kilang Pertamina

Jakarta, CNBC  Indonesia kepala PT Pertamina (Persero) meniti Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Global (PT KPI), terus mencari jalan meningkatkan pencapaian kinerja dengan positif di operasional kilang. Pelaksanaan efisiensi dalam pengelolaan kilang serta implementasi berbagai inovasi secara berkesinambungan diupayakan dapat menunjang pencapaian kinerja positif di atas bahan.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya menjelaskan bahwa pencapaian positif ini pula merupakan hasil penerapan pembaruan dan ide-ide terobosan yang dijalankan secara berkesinambungan oleh Sumber Daya Manusia kilang yang berjumlah lebih sebab 5. 400 pekerja. Perubahan pekerja ini telah memanifestasikan Downstream Value Creation secara Financial Impact lebih dari dua kali lipat dalam atas target seharusnya.

Beberapa inovasi dengan dilakukan Pertamina di usaha kilang melingkupi inovasi cara, optimasi dan arus patra, value protection, energy saving, HSSE dan pemenuhan regulasi, dan capability building. Permutasi ini menghasilkan value creation sebesar sekitar US$ 115 juta atau lebih lantaran 230% di atas tumpuan.


Kira-kira kinerja operasi kilang yang dicapai antara lain, Pertamina berhasil menyerap minyak kasar dan produk intermediate untuk diolah di kilang secara angka realisasi penyerapan bertambah dari 7% di tempat target. Sedangkan untuk keluaran kilang yang dihasilkan merasai peningkatan lebih dari 11% dari target yang ditetapkan.

Kilang PT KPI juga menghasilkan produk-produk utama kilang lebih tinggi hampir 4% di untuk target. Produk produk-produk pati tersebut adalah Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Premium, Kerosene, Avtur, Solar & Biosolar, Dexlite, Pertadex, Paraxylene & Benzene.

“Pencapaian kinerja operasional di Pabrik Pertamina merupakan buah dibanding upaya sinergis dan kolaboratif dari Sumber Daya Manusia yang ada di lingkungan Kilang Pertamina. Hal tersebut semakin diperkuat dengan penerapan hasil inovasi secara berkesinambungan, ” imbuh Ifki.

Menjepret: Dok: Pertamina

Di samping tersebut, sebagai wujud nyata janji PT KPI terhadap pengelolaan lingkungan sepanjang tahun 2020, PT KPI berhasil memperoleh pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia di dalam ajang PROPER dengan raihan capaian 3 Proper Emas dan 2 Proper Muda.

Salah satu contoh program unggulan yang dikembangkan adalah dari Kilang Pertamina Cilacap berupa kalender Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) dalam Dusun Bondan Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Bahar, dan program Masyarakat Sendiri Pemanfaatan Nipah menjadi Bioetanol (Mak Mintol) di Dukuh Ujung Alang Kecamatan Daerah Lau.

“Kilang Pertamina bersinggungan erat secara lingkungan sekitar termasuk masyarakat, melalui pengelolaan lingkungan dengan baik, kami optimis dapat menjaga kesinambungan pengelolaan pabrik demi pencapaian kinerja berdiam yang semakin baik, ” pungkas Ifki.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)