Ini 5 Usul Jitu Bill Gates untuk Sudahi Wabah Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri Microsoft Bill Gates mengungkap lima cara yang perlu dilakukan semua negara di negeri untuk menghentikan pandemi Covid-19 jadi roda ekonomi kembali bergerak.

Menurut dia, dunia harus mengetengahkan soal perawatan, pengetesan, dan pelacakan kontak. Negara-negara di dunia harus mempertimbangkan hal ini sebelum menggelar kembali ekonomi secara global. Dia pun menyamakan solusi ini secara Perang Dunia II.

“Selama Perang Dunia II, sebesar besar inovasi, termasuk radar, torpedo andal, dan pemecahan kode, membantu mengakhiri perang lebih cepat, ” ujar Gates, seperti dilansir dari CNBC International, Jumat (24/4/2020). “Ini akan sama dengan pandemi, ” lanjutnya.


Beserta lima bidang inovasi yang dibutuhkan untuk melawan Covid-19:

Pengobatan

Masyarakat membutuhkan perawatan yang makbul untuk melawan virus corona. Tujuannya agar masyarakat merasa aman masa berada dalam pertemuan publik seolah-olah pergi menonton konser atau menonton pertandingan sepak bola. Bill Gates merujuk pada potensi penggunaan plasma darah atau anti body & antivirus dan hydroxychloroquine.

Vaksin

Ini satu-satunya cara agar kehidupan bisa normal kembali. Gates memprediksi vaksin akan ditemukan dalam sembilan hingga 18 bulan. Ada tahanan, yaitu butuh waktu lima tahun agar vaksinasi penyakit baru bisa dijual ke pasar.

Testing atau pengetesan

Gates menyarankan agar semakin banyak petugas kesehatan memiliki akses ke tes Covid-19 sehingga bisa dilakukan pengujian Covid-19 lebih kekar lagi. Dibutuhkan juga alat ulangan yang bisa memberikan hasil ulangan dalam waktu satu hari.

Pelacakan kontak

Gates memuji cara Jerman yang melakukan ramah dan membuat database pelacakan mereka yang pernah kontak dengan anak obat positif Covid-19. Semua yang sudah melakukan kontak dengan pasien menetapkan dites dan wajib mengisolasi muncul selam 14 hari.

Pembukaan ekonomi lagi

Gates percaya sebagian besar negara lulus akan memasuki fase kedua pandemi dalam dua bulan ke pendahuluan. Negara-negara harus belajar dari negara2 lain yang memiliki pengujian Covid-19 dengan cepat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk balik membuka ekonominya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/dru)