Hyundai Bantah Bikin Mobil ‘Hantu’ Apple Car, Tesla Senang?

Jakarta, CNBC Indonesia – Spekulasi soal adanya kerja sama pembuatan mobil  listrik otonom Apple bernama Apple Car alhasil dibantah oleh Hyundai. Perusahaan pokok Korea Selatan itu dan afiliasinya Kia Corp membantah adanya perundingan membuat mobil otonom dengan Apple.

“Kami tidak melangsungkan pembicaraan dengan Apple untuk mengembangkan kendaraan otonom, ” kata Hyundai dan Kia, dikutip Reuters, Senin (8/2/2021).

Setelah bantahan tersebut, saham keduanya langsung merosot. Hyundai turun enam, 6% dan 14% untuk Kia pada pukul 2: 04 GMT sekitar pukul 9: 04 WIB.


Sebagai informasi, pokok Januari lalu saham kedua perusahaan otomotif itu melonjak 20% buat Hyundai dan Kia meroket 40%. Ini terjadi setelah Hyundai mengutarakan sedang dalam tahap pembicaraan pokok dengan Apple.

“Apple dan Hyundai dalam diskusi, tetapi masih di tahap awal, belum ada yang diputuskan, ” membuka Hyundai saat itu.

Sementara itu spekulasi bermunculan jika Hyundai dan Apple berdiskusi untuk mengembangkan kendaraan listrik tanpa pilot di tahun 2027. Selain itu juga berencana mengembangkan baterai dalam pabrik AS yang akan dioperasikan Hyundai atau Kia.

Namun tak lama Hyundai mengklarifikasi pengumumannya sendiri. Perusahaan menghapus introduksi Apple dalam pernyataan terbarunya.

Hyundai hanya menyebutkan bila mendapatkan permintaan kerjasama untuk pengembangan kendaraan listrik otonom dari sebesar perusahaan. Namun pernyataan baru tersebut tidak menyebutkan nama-nama perusahaan dengan dimaksud.

Apple juga menutup mulut rapat-rapat soal pemikiran tersebut. Produsen iPhone itu tidak pernah mengakui adanya pembicaraan dengan pembuat mobil soal pembuatan organ dan tidak mau langsung berkomentar jika di luar jam kegiatan di AS.