Hindari Calo, Seleksi CPNS 2021 Gunakan Face Recognition

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap praktik percaloan yang kerap terjadi pada era seleksi calon Pegawai Kampung Sipil (CPNS) 2021 kamar depan.

Buat mengantisipasi hal itu, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN, Mohammad Ridwan mengutarakan mempersiapkan fitur tambahan dalam sistem CAT BKN yaitu face recognition atau pemindai wajah.

Menurutnya, penggunaan teknologi ini dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan makelar dan joki.

“Untuk menjaga praktik percaloan sekarang ini kami memakai log in dengan face recognition jadi lebih damai. Dengan begitu,

ini bisa dipastikan kalau yang register yang pengikut yang bersangkutan, ” perkataan Ridwan saat Konferensi Pers Virtual BKN, Rabu (25/8/2021).

Menurut Ridwan penambahan fitur ini diperuntukkan untuk menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan opsi CPNS 2021, serta menyekat tindak kecurangan atau percaloan.

Selain sifat face recognition, peningkatan sifat teknologi pada Sistem Pilihan Calon ASN (SSCASN) sudah dilakukan, sehingga peserta pilihan CPNS 2021 tidak menetapkan mengunggah dokumen saat pendaftaran.

“Ada kemungkinan gagal pake face recognition tapi kita bisa tahu dari kartu identitasnya dan melihat kecocokan wajah masa enggak terdeteksi. Jangan sekali-sekali memalsukan dokumen, ” membentangkan ia.



[Gambas:Video CNBC]
(dru)