Dibangun 5 Tahun, Jokowi Resmikan Jembatan Kendari Rp 804 M

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Jembatan Teluk Kendari di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berbahasa saat memberikan sambutan, Jokowi mengucapkan jembatan yang memiliki panjang satu. 349 meter dengan lebar 20 meter ini dibangun dalam kurun waktu selama 5 tahun.

“Dari 2015 sampai 2020, dengan total biaya Rp 804 miliar, ” kata Jokowi, Kamis (22//10/2020).

Jokowi meyakini lamanya waktu pengerjaan proyek tersebut bisa sebanding dengan multiplier effect yang dirasakan masyarakat setempat. Tak hanya dari sisi arus bahan atau bongkar muat, melainkan serupa arus lalu lintas manusia.

“Bagi bangsa Kota Lama yang bepergian ke Kecamatan Poasia, yang biasanya menyebrangi Teluk Kendari menggunakan feri & memutar teluk sejauh 20 kilometer dengan waktu tempuh 30 datang 40 menit, sekarang hanya perlu 5 menit, ” ujar Jokowi.

“Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas barang, mobilitas jasa, mobilitas pribadi akan menjadi semakin efisien, secara demikian daya saing akan semakin meningkat, ” lanjutnya.

Jokowi mengatakan, kehadiran Jembatan Kendari nantinya akan menarik pengembangan daya baru di wilayah sekitar. Makin, jembatan ini dibangun untuk menolong kawasan industri setempat.

“Kawasan Konawe, dan Pelabuhan Bungkutoko yang akan dikembangkan sebagai zona industri Kendari Newport dan zona pemukiman baru sehingga memunculkan sentra pertumbuhan ekonomi yang baru, ” kata Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)