Bukan Facebook, Ini Aplikasi Paling Banyak di-Download

Jakarta, CNBC Indonesia awut-awutan Tiktok baru saja memperoleh gelar terbaru. Menurut laporan Nikkei, platform video kompak itu jadi aplikasi yang paling banyak didownload dalam dunia.

Capaian tersebut melampaui banyak media sosial lain, seperti Facebook, Instagram serta WhatsApp. Facebook juga diketahui memegang membuat sebagai aplikasi terbanyak didownload hingga 2021, dikutip sebab laman Phone Arena, Senin (9/8/2021).

Facebook harus tenang ada di urutan ke-2 dalam laporan tersebut. Tiktok juga mengungguli anak daya Facebook lain, yakni WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger yang berada di status tiga, empat serta lima.


Phone Arena mencatat tahun berarakan tidak berpikir Tiktok mau berhasil di AS. Sesudah presiden Donald Trump mengancam menghapus aplikasi dari negeri itu disebabkan resiko ketenangan nasional.

Foto: Aplikasi paling banyak di-download (Doc Nikkei Asia)

Namun akhirnya Presiden Joe Biden mencabut semua kekangan pada Tiktok dan WeChat, aplikasi pesan singkat pokok China yang juga maka target Trump sebelumnya.

Nikkei Asia melaporkan pandemi memberikan dorongan terbesar untuk popularitas Tiktok. Bukan hanya aktivitas masyarakat negeri di rumah saja serta fasilitas hiburan yang terpatok, namun juga banyak ilustrator yang membatalkan pertunjukan dan tur serta memutuskan menyelundup ke platform termasuk Tiktok sebagai gantinya.

Tiktok diketahui memulai gaya video yang segar. Lalu konsep itu diambil oleh beberapa aplikasi media sosial lain selama beberapa tahun terakhir.

Tiktok mengambil pendekatan dengan jauh berbeda bahkan secara aplikasi berbagi video lain seperti Youtube. Platform asal China itu memiliki rata-rata sembilan hingga 15 detik, meski Tiktok telah memajukan maksimal durasi menjadi 3 menit di bulan Juli.

Pada awalnya, sebagian besar video di Tiktok adalah klip rendah dan lucu. Mirip kaya yang dilakukan platform Vine yang pernah berada dalam puncak tahun 2014 serta lalu dilupakan.

Meski begitu, Tiktok belum menunjukkan tanda-tanda akan beku dalam waktu dekat. Bahkan jauh lebih berkembang dengan ada klip seperti pelajaran, life hacks, hingga bimbingan masak.

Kemasyhuran Tiktok bahkan menginspirasi platfom lain untuk menirunya. Ada Reels dari Instagram & Short pada Youtube dengan baru saja dirilis.

Kedua fitur tersebut merupakan layanan video kompak di samping platform pati. Bisa menjadi penyegar untuk konten regular yang dimanfaatkan para influencer.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)