Boreh Air Mata Asri Welas Curhat Ini ke Sri Mulyani

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi langsung pertanyaan aktris Selaras Welas mengenai kapan hidup dibuka secara penuh.

Asri menceritakan piawai sesama insan kreatif, dengan jalan apa mereka terdampak sekali secara adanya pandemi Covid-19. Sambil meneteskan air mata, dia menjelaskan, bahwa para tenaga kerja biasanya dibayar hanya ketika datang syuting.

“Kalau tidak tersedia syuting mereka tidak tersedia pemasukan, bioskop juga belum dibuka, sekarang semua serba digital. […] Cuma apakah nanti daripada para seniman bisa manggung kembali, bioskop ramah lagi. Bagaimana prediksinya, supaya kita tahu bisa lari ke digital dan apakah disediakan wadah?, ” tanya Serasi sambil meneteskan air ceroboh di hadapan Sri Mulyani dalam Talk Show: Kartini Pendobrak Perubahan, Rabu (21/4/2021).

Merespons situasi tersebut, Sri Mulyani membaca saat ini seluruh sektor tengah beradaptasi. Seluruh negeri bahkan mewaspadai lonjakan penularan Covid-19.

“Meski kita semua lelah dan kita sudah melakukan ini itu, akan tetapi masih terjadi. Kita tak boleh menyerah dan harus tetap optimis, karena aku yakin seyakin-yakinnya pasti akan ada jalan, ” kata Sri Mulyani.

Menurut eks Direktur Pengelola Bank Dunia itu, teknologi digital menjadi salah kepala upaya untuk kembali menimbulkan pemulihan di semua sektor. Namun Sri Mulyani mengarungi, manusia adalah makhluk baik yang perlu berinteraksi.

Ia pun optimistis, jika nantinya kekebalan komunal atau herd immunity tercapai 70%, pertunjukan secara fisik bisa dilakukan.

“Jadi nanti yang bakal muncul di masa-masa pertukaran adalah protokol kesehatan, kalau mau nonton bioskop, suka itu provider-nya gedung bioskopnya sendiri maupun penontonnya, supaya kita tetap bisa menonton secara fisik, namun tak menimbulkan dampak penularan. Sesuai juga dengan pertunjukkan, ” ujarnya.

“Di beberapa negara bahkan mulai eksperimen vaksinasi 70%, herd immunity terjadi, mulai menyelenggarakan kegiatan pertunjukan secara fisik bisa dihadiri. Saya yakin itu bisa terjadi. Siap Insya Allah untuk para seniman mereka punya opsi untuk jalur ekspresi seninya. Saya yakin ada digital dan hybrid akan berlaku, ” kata Sri Mulyani melanjutkan.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)