BKS Ajak Luhut-Anies Tularkan Ngantor Memakai Sepeda

Jakarta, CNBC Indonesia – Gajah Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya penggunaan sepeda jadi alat transportasi. Ia bahkan membawa Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengikuti kampanye pakai sepeda ke pejabat.

Budi Karya mengirimkan hal ini ketika membuka rangkaian acara bertajuk Pekan Sepeda Nasional 2020 secara virtual. Acara tersebut dihadiri pula Dirjen Perhubungan Tanah Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Besar Biro Umum Kemenkomarves Tito Setiawan, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Budi Susunan mengajak Luhut dan Anies menggunakan perbincangan dalam acara tersebut.

“Kalau Menko Marves sudah komit, ini bisa ditularkan ke tempat lain. Satu waktu kalau pak menko bersedia, satu tanda saja nanti saya dampingi naik sepeda dari mana ke mana itu disiarkan di semua departemen dan itu bagus sekali. Karena regulator, yang ngatur. Kalau itu bisa berjalan dengan baik serta pak Menko bisa menjadi tauladan keren banget, ” kata Watak Karya ketika menyapa Tito.

“Satu sisi kita mengkampanyekan sepeda sebagai kegiatan juga oleh para pejabat, melengkapi intermoda sejak moda utama seperti MRT, ” lanjutnya.

Ajakan selaku dilayangkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Kepala Biro Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Menurutnya, peran Pemprov DKI Jakarta amat penting dalam kampanye memakai sepeda ke kantor.

“Oleh karenanya kita mengajak DKI untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda baik untuk kesehatan maupun dalam rangka membuat moda pemindahan bertambah baik. Jadi one day kita ajak pak gubernur, ” ungkap Budi Karya.

Ia ingin sepeda jadi pemindahan unggulan untuk Jakarta khususnya, dan untuk seluruh Indonesia. Hal inilah yang membuatnya menerbitkan Peraturan Gajah Perhubungan (Permenhub) Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda dalam Jalan.

“Tidak tersedia niatan kami mengintervensi kenyamanan bapak ibu sekalian, atau membuat khalayak jadi terganggu. Kalau perlu kita bikin sosialisasi, kita dialogkan, jika ada yang keberatan kita ganti, kita welcome, ” ujar Akhlak Karya.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi membaca bahwa pihaknya memang mendorong negeri daerah untuk berperan dalam penyiapan tempat parkir sepeda. Salah kepala caranya melalui ajang bertajuk Pasar Sepeda Nasional.

“Pekan Sepeda Nasional ada virtual bycycle fair Oktober 2020. Baru kali ini adanya pandemi Covid-19 akan menyelengarakan dengan 200 ribu penonton, sekitar 300 kontestan, ” katanya.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)