Bisnis Hotel Cepat Dihantam Corona, Butuh Setahun Pulih

Jakarta, Data SGP Indonesia – Kalangan pengusaha di sektor perhotelan memperhitungkan butuh waktu lama untuk memproduksi sektor ini pulih. Penyebabnya, daya beli masyarakat harus lebih dulu dipulihkan.

Walaupun nantinya zona perhotelan bisa kembali membuka jalan atau operasi seperti semula, permintaan belum tentu akan langsung meningkat. Dengan kata lain, okupansi hotel belum tentu bisa langsung mulia.

Kapan sektor perhotelan kembali pulih?



“Kita perkirakan sejak dinyatakan wilayah itu bebas virus COVID-19. Perkiraan beta butuh waktu 6 bulan untuk pulih dari 0 secara berantara. 6-12 bulan sampai dia berlaku normal, ” kata Ketua Umum Ketua Umum Persatuan Hotel serta Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, kepada CNBC  Nusantara , Selasa (7/4).

Membentangkan tersebut menjadi waktu transisi. Sembari hotel meraba-raba kultur daya beli masyarakat yang berangsur pulih. “Nggak mungkin abis tutup tiba-tiba mampu mengejar, nggak mungkin. Karena customer serupa dalam kondisi nggak punya pemberian, ” sebut pria yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini.

Kondisi tersebut baru bisa berlaku setelah semua pulih. Sedangkan saat ini masih jauh dari harapan. Haryadi menyebut ribuan hotel kudu menutup diri akibat wabah virus corona.

“Kalau untuk laporan terakhir yang dinyatakan tutup itu 1. 226 (hotel) per kermain sore, kalau yang rill lebih banyak karena kita hanya berdasarkan yang lapor saja, ” sebut Hariyadi.

Akibatnya, banyak pekerja yang harus kehilangan mata pencaharian. Perusahaan memutuskan pekerja karena merasa tidak ada lagi pendapatan yang memadai dibanding jalannya roda bisnis. Jumlah pelaku yang terdampak dari hari ke hari pun kian mengkhawatirkan.

“Kalau jumlah tenaga kegiatan belum secara spesifik mendapatkan bukti yang lebih akurat, tapi kita perkirakan lebih dari 150. 000 orang, ” sebut Hariyadi.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)