Biar Tak Lupa! Ini Jadwal Blokir Kartu ATM BNI, BRI dan Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia kacau Kartu ATM lama tiba tahun depan tidak dapat digunakan seperti sedia era. Jadi bagi pengguna kartu tersebut harus segera menggantinya dengan kartu berbasis chip.

Kebijakan perkara ini tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 17/52/DKSP tentang Pelaksanaan Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.


Namun ada pengecualian buat magentic stripe. Bank Indonesia mengatur yang diperbolehkan adalah dengan saldo maksimal Rp5 juta.

“Penggunaan teknologi lainnya, yaitu teknologi magnetic stripe, masih diperbolehkan untuk Kartu ATM/Debet dengan diterbitkan atas dasar rekening tabungan yang memiliki saldo paling banyak Rp 5. 000. 000, 00 bersandarkan perjanjian antara penerbit dan nasabah, ” tulis BI.

Sebagai informasi saja, kartu dengan chip diklaim lebih aman dari serangan kejahatan siber.

Walau penggunaan surat magnetic stripe diatur mematok akhir tahun, sejumlah bank memiliki jadwalnya sendiri.

Bagi nasabah Sendiri, BCA dan BRI, berikut jadwal pemblokiran dari ketiga bank itu, dirangkum lantaran situs resmi perusahaan, Jumat (21/5/2021).

Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki program pemblokiran sendiri. Program Cleansing Sendiri telah dilakukan sejak April lalu dan diblokir pantas dengan expore date di tanggal yang sudah ditentukan.

Pada 1 Juni mendatang adalah buat expory date 2023-2025. Sementara 1 Juli 2021 pada 2026-2030.

Nasabah pemegang kartu lama bisa menukarkannya di cabang terdekat. Penukaran dilakukan gratis secara membawa kartu identitas & kartu ATM lama.

BCA

Pada 1 Januari 2022 kartu BCA berbasis magnetic stripe sudah tidak mampu digunakan lagi.

Penukaran dilakukan melalui layanan custimer service di semesta cabang BCA Indonesia. Mampu juga di layanan self service, lokasinya dapat dicek di laman resmi bank tersebut.

BRI

Untuk pemilik kartu lama BRI mampu menukarkannya hingga akhir tahun 2020. Penukaran dilakukan secara gratis dan di 9000 unit kerja seluruh Indonesia.

Februari semrawut, BRI mengkalim migrasi surat sudah mencapai 82%. Bank itu meyakini migrasi menyentuh 100% pada September mendatang.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)