Asing Masih Profit Taking, IHSG Dibuka Galau Tentukan Pedoman

Jakarta, CNBC Indonesia  – Ruang Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dengan apresiasi tipis 0, 02% ke lapisan 6. 071, 25. Selang 15 menit IHSG  terpantau sudah kembali hijau terangkat tipis 0, 01% ke level 6. 072, 23 pada perdagangan awal pekan Selasa (8/6/21).

Jumlah transaksi hari ini sebesar Rp 1, 8 triliun dan terpantau investor ganjil menjual bersih Rp 32 miliar di pasar reguler.

Asing melakukan pembelian dalam saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sejumlah Rp 6 miliar serta PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp tujuh miliar.


Sedangkan jual bersih dilakukan asing pada saham PT Bank Mandiri  Tbk (BMRI) yang dilego Rp 7 miliar & PT Digital Mediatama Maxima  Tbk (DMMX) yang dijual Rp 9 miliar.

Bank Indonesia (BI) akan merilis data cadangan devisa (cadev) per akhir Mei 2021 pada pukul 10. 00 pagi WIB. Menurut prediksi Trading Economics , angka cadev Mei akan meningkat menjadi US$ 140 miliar.

Sebelumnya, BI melaporkan angka cadangan devisa per akhir April 2021 sejumlah US$ 138, 8 miliar, meningkat dibandingkan dengan gaya pada akhir Maret 2021 sebesar US$ 137, satu miliar. Ini adalah rekor tertinggi sepanjang Indonesia lepas.

Posisi cadangan devisa itu setara dengan pembiayaan 10, 0 bulan impor ataupun 9, 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Para pelaku pasar juga akan mengamati data-data dari luar negeri. Dalam pukul 08. 30 WIB, National Australia Bank (NAB) akan merilis data ruang keyakinan bisnis bulan Mei.

Sebelumnya, indeks keyakinan usaha NAB di Australia naik 9 poin dari bulan sebelumnya ke rekor tertinggi 26 pada Maret 2021.

Menurut Trading Economics , angka ini menyiratkan bahwa kondisi akan tetap solid dalam waktu depan, di tengah kekuatan dalam utilisasi kapasitas dan order ke depan.

Adapun utilisasi kapasitas melonjak ke 85, 3% yang sangat agung di bulan April, lantaran 82, 5% pada Maret. Pasar meramal indeks keyakinan bisnis akan berada dalam level 24 pada Mei kali ini.

AWAK RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]
(trp/trp)