200 Tentara di Pelantikan Joe BIden Dinyatakan Positif Covid

Jakarta, CNBC Nusantara – Sebanyak 150-200 Garda Nasional yang dikerahkan ke Washington DC untuk mengawal pengukuhan Joe Biden pekan ini dinyatakan positif Covid-19.

Taat sumber dari pemerintah AS yang menolak untuk disebut namanya, jumlah ini masih bisa bertambah berbarengan dengan terus dilakukannya pemeriksaan terhadap 25. 000 orang yang dikerahkan di kota itu selama kurang hari terakhir.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (23/1/2021) Garda Nasional dalam sebuah keterangannya menyatakan tidak akan membahas mengenai peristiwa Covid-19, namun para pasukan dengan dikerahkan pada saat ini telah melakukan protokol kesehatan sesuai secara anjuran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Aturan kesehatan yang dimaksud adalah penelitian suhu saat mereka datang & pergi dari negara bagian itu. Skrining lebih lanjut juga dilakukan.

Rangkaian bendera Amerika Serikat dipasang di Washington D.C., menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris. (AP/Alex Brandon) Foto: Susunan bendera Amerika Serikat dipasang pada Washington D. C., menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris. (AP/Alex Brandon)

Mematok saat ini militer masih langsung memproses pengaturan untuk memulangkan para-para tentara ini. Diperkirakan 15 seperseribu orang akan meninggalkan Washington DC dalam 10 hari ke ajaran. Sedangkan 7 ribu personel bakal tetap di sana hingga simpulan bulan ini.

Berserakan sebanyak 5 ribu tentara diperkirakan akan bertahan di negara bagian ini hingga pertengahan Maret, biar keputusan ini masih bisa bertukar.

Untuk diketahui, penjagaan ketat selama pelantikan presiden in dilakukan setelah adanya serangan mematikan yang terjadi pada 6 Januari 2021 lalu di Capital. Penyerangan ini dilakukan oleh pendukung pemimpin AS sebelumnya, Donald Trump.

Langkah pengamanan yang dikerjakan saat pelantikan ini termasuk penerapan kawat berduri dan pemberlakuan cek poin oleh pasukan Garda Nasional ini.



[Gambas:Video CNBC]
(dru)